Sunday, November 22, 2020

Pengalaman Replace HDD ke SSD dan CD-ROOM ke HDD Caddy di Laptop

assalamualaikum wr.wb

oke guys jumpa lagi di blog gua yang isinya ya gitu-gitu ajadah hahaa.. kenapa gua muncul lagi? karena gua mau share pengalaman gua yang baru aja replace HDD ke SSD dan replace CD ROOM ke HDD Caddy. sumpah sih ini banyak banget drama nya cuma replace kaya gini doang hahaha..

Oke jadi ceritanya gini, laptop gua ini gua pake udah mau jalan 2,5 tahun dan merk laptop gua ASUS A442U. Makin kesini makin gua pake, gua ngerasanya nih laptop udah mulai aga lemot,  buat booting apalagi. padahal gua cuma buat browsing, buka office, sama nonton doang. walaupun dulu pernah gua pake buat main game sih, itu juga game naruto ultimate ninja storm 4 yang road to boruto. kalo kalian pernah main game ini, battle lah kita hehee (ehh kenapa jadi keluar topik yak). 

disini gua pakai ssd sata wd blue 2,5" buat ngegantiin hdd gua yang lama. sebelumnya gua cuma ganti hdd ke ssd di pc doang dan fine-fine aja gitu kan, makanya gua nyobain lah ganti hdd laptop gua pake ssd ini. pertama kita bongkar dulu lah yak pasti casingnya. habis itu gua copot dulu hdd gua terus gua ganti ke ssd, barulah gua copot cd-room gua dan gua ganti pake hdd caddy. setelah semua udah kepasang gua tutup lagi seperti semula. kenapa gua mau pakai hdd caddy? karena sayang pak hdd 1 TB bekas laptop gua kalo gadipake, jadi mending gua replace aja cd-room gua trus dijadiiin second storage.

awal-awal gua nyalain laptop gua aman kan, terus gua cek emang ssd udah kebaca di device manager cuma belum kebaca di file explorer (ini wajar ya). setelah itu ssd gua convert to gpt disk dan barulah kebaca di file explorer. cuma dari sini bunyi fan gua kaya ga wajar gitu, tapi yaudah gua hirauin aja.

niat awal gua emang setelah kebaca tuh ssd, gua mau reset factory karena gua kira pas gua reset factory bakalan bisa create partisi OS biar OS bisa gua pindahin ke ssd pada saat penginstallan OS. gua tungguin kan tampilan yang buat bagi partisi dan ternyata ngga ada. pas udah selesai, ternyata OS masih di hdd. kocak sih ini karena gua nunggu sekitar 2-3 jam buat reset factory doang tapi os masih di HDD. karena OS belum ada di ssd yaudah ujung-ujungnya gua cloning lah OS nya dan akhirnya SSD gua sudah ada OS nya. (Ohh iya, setelah selesai di cloning, kemudian di restart dan masuk BIOS ya, kalian pindahin dulu first boot nya ke SSD kalian biar kebaca)

setelah OS udah di ssd, booting jadi cepet banget, secepat dia ninggalin kamu begitu aja tanpa alasan *eeeaaa.. apansih elah*. kemudian gua pikir udah aman kan dan gua berhasil. gua format hdd gua yang sebelumnya ada os nya dan gua install-intsall program yang biasa gua pake. tapi ada yang aneh pada saat gua pake (disini masalah dimulai), FAN GUA MAKIN KESINI MAKIN GA WAJAR BUNYI NYA DONG, kek pesawat mau terbang, kenceng banget dah pokoknya. udah gitu laptop gua jadi panas banget tapi pas gua liat di task manager, CPU gua normal, makanya gua pake kaya biasa aja kan dan kaya bodo amat seakan ga terjadi apa-apa. tapi makin lama pas gua pake, gua jadi risih dan ngeri nih laptop kenapa-kenapa. 

akhirnya gua searching-searching kan apa bener pake hdd caddy laptop jadi panas, dan ternyata gua nemu blog yang bahas masalah tersebut dan masalahnya sama yang kaya gua alamin. di blog itu bilang, saklar yang ada di hdd caddy digeser ke kanan. karena gua ga engeh di hdd caddy itu ada saklarnya, yaudah gua mau cek dan mau liat posisi saklarnya ada disebelah kiri apa kanan. akhirnya buru-buru gua matiin laptop gua lagi dan gua bongkar laptop gua lagi. 

AND YU KNOW WAT, PAS CASING UDAH GUA BONGKAR DAN UDAH TINGGAL BAUT TERAKHIR, BAUT YANG TERAKHIR NYA DOL DONG DAN GUA GABISA BUKA CASING LAPTOP GUA. stuck lah awak, bingung bongkarnya gimana cuma karena tinggal tuh satu baut dol doang yang gabisa diputer pake obeng. akhirnya gua mikir gua bawa aja kali yak ke tempat service laptop. etapi entah kenapa gua kepikiran searching "cara mengatasi baut laptop dol" dan ternyata beneran ada dong yang ngebahas dan ada videonya juga lagi. alhamdulillah awak pokoknya.

di video itu pas banget lagi praktekinnya dengan masalah yang sedang gua alami. disitu caranya, kita solder baut yang dol dan solder obeng kita juga. jadi nanti timah solderan yang ada di baut yang dol sama obeng kan jadi nyatu, nah tunggu sampe kering barulah bisa diputer pake obeng yang udah di solder. dan alhamdulillah nya lagi, gua masih punya solderan punya temen kampus gua yang masih ada di gua bahahaha.. tapi sayangnya gaada timah dan pasta buat soldernya, yaudah akhirnya gua belilah bahan tersebut.

setelah semua alat dan bahan buat solder udah ada, gua mulailah. awal-awal gua mikir kaya gayakin gitu, ini beneran ampuh apa kaga karena pas gua solder, obeng sama baut susah banget nyatu karena bautnya itu kecil banget makanya aga susah, terus sempet mikir lagi, apa gua bawa aja yak ketempat service solder. ehh pas gua lagi mikir kaya gitu,  si timah yang udah di solder akhirnya nyatu ke obeng sama bautnya. yaudah gua tunggu sampe keras dulu barulah gua puter, dan alhamdulillah tuh baut berhasil diputer dan copot. sebahagia itu akutu bautnya berhasil dilepas :")



starter pack buat ngakalin si satu baut yang dol -_-


nih si satu baut yang dol -_-

karena casing udah berhasil di bongkar, gua ngelakuin apa yang gua baca di blog mengenai masalah hdd caddy tadi. ternyata bener, di hdd caddy itu ada saklarnya, dimana bisa di geser ke kiri dan kanan.

ini saklar yang ada di HDD Caddy

di blog tersebut bilang, saklar harus di geser ke kanan, dan ternyata hdd caddy gua saklarnya ada dikiri. yaudah kan langsung gua pindahin aja saklarnya dari kiri ke kanan trus gua tutup lagi casingnya. entah kenapa gua hati-hati banget pas muter baut buat nutup casing, takut tuh baut pada dol semua kalo gua kasar muternya, makanya gua mencoba untuk selembut mungkin muter tuh baut, kaya selembut aku ke kamu *apasih danta elah*. 

terus pas gua mau nyalain laptop gua lagi, gua langsung mikir lagi, aman udah ini laptop gua karena gua udah ngelakuin yang kaya si blogger itu lakuin. AND YU KNOW WAT LAGI, TERNYATA HASIL DARI GUA GESER SI SAKLAR TERSEBUT, FAN GUA MALAH MAKIN MENJADI BUNYI NYA. CPU di task manager gua malah ampe 100% dan malah tambah panas. terus gua buru-buru matiin lagi laptop gua, dan gua buka lagi casingnya sambil muterin tuh baut pelan-pelan. setelah gua buka akhirnya gua nyalain laptop gua sambil liat sebenernya fan gua muter apa ngga, dan ternyata fan nya muter. 

akhirnya gua searching lagi kan masalah yang gua alami, ternyata gua nemu situs lagi yang bahas masalah yang sama dengan gua. udah geser saklar di hdd caddy tapi laptop masih tetep panas, dan dia bilang ternyata (mungkin ya) ga semua laptop support kalo kita pakai ssd dan hdd caddy, dan dia pun juga udah nyoba yang gua lakuin juga dan ternyata nihil dan akhirnya dia hanya pakai ssd aja tanpa tambahan hdd. yaudah akhirnya dari situ, gua mencoba untuk melepas hdd caddy gua juga dan memasang cd room gua kembali. dan ternyata bener aja, kalo pake ssd doang tanpa hdd caddy, fan gua normal dan cpu di task manager juga normal. yaudahlah dengan terpaksa hdd 1 tb gua yang bawaan laptop itu gua copot dan gua simpan dalam hati, ehh laci maksudnya.

cpu normal setelah yang digunakan hanya SSD saja

mungkin itu aja pengalaman gua saat replace dari hdd ke ssd, dan dari cd room ke hdd caddy. kalo kalian ternyata punya laptop yang sama kaya punya gua dan ternyata kalian berhasil pake ssd dan hdd caddy, bolehlah tulis di komentar buat bantu gua, siapa tau emang dari gua nya yang salah, karena kan manusia tempatnya salah ya hehehe..

buat kalian yang udah baca, semoga yang kalian baca ada manfaatnya yak, kalo gaada juga gapapa hahaha..

oke itu aja guys yang mau gua share, thankyou and bye..

5 comments:

  1. Wakakaka ternyata ga semuanya bisa yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya iya gan, soalnya ane ga berhasil wakakakak

      Delete
  2. Solusinya pasang hdd caddy sizenya jangan lebih dari 500gb. Gw awalnya pasang 1Tb laptop gamau jalan. Setelah diganti ke 320gb laptop normal walaupun booting agak lama

    ReplyDelete